by

Bertugas Pada Dua Kecamatan Berbeda, Pj. Kades Wuliwalo Diharapkan Tetap Berkerja Dengan Baik

ASR
Mauponggo, Aksara Nusa

Penjabat Kepala Desa Wuliwalo Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo, NTT Aditya Pratama Sutrisno diharapkan untuk dapat menjalankan berbagai tugas penjabat kades dengan baik. Hal tersebut disampaikan oleh Sekcam Mauponggo Ermelinda Mabha, Rabu (08/07/2020), dalam acara serah terima jabatan Kepala Desa Wuliwalo. Sebelumnya, pada Kamis (02/07/2020), Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, melantik 7 orang penjabat kepala desa dalam wilayah Kecamatan Mauponggo.

“Meskipun bertugas di dua kecamatan berbeda yaitu sebagai staf di Kecamatan Boawae dan sebagai penjabat kades di Kecamatan Mauponggo, saya harapkan agar Saudara Adit dapat menjalankan tugas-tugas di desa dengan baik,” katanya.

Desa Wuliwalo
Penjabat Kepala Desa Wuliwalo bergambar bersama para tokoh masyarakat

Ermelinda menyatakan bahwa meskipun tugas sebagai penjabat kepala desa merupakan tugas tambahan, seorang penjabat kepala desa tetap berperan penting dalam pemerintahan dan upaya mensejahterahkan masyarakat desa.

“Tugas paling penting dari seorang penjabat kepala desa adalah mempersiapkan, melaksanakan dan menyukseskan pemilihan kepala desa defenitif periode tahun 2020-2026. Tugas tersebut tidak mudah, karena itu penjabat kepala desa diharapkan untuk bekerja keras dan membangun koordinasi dan komunikasi baik dengan berbagai pihak, untuk mewujudkan hal tersebut,” jelasnya.

Selain tugas untuk menyukseskan pemilihan kepala desa defenitif, lanjut Ermelinda, penjabat kepala desa juga wajib melaksanakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa serta melaksakan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Kecamatan Mauponggo
Penjabat Kepala Desa Wuliwalo bergambar bersama para tokoh perempuan

“Dapat kita lihat bahwa peran penjabat kepala desa sangat penting dan strategis. Karena itu, saya harapkan agar Saudara Adit dapat mengatur waktu dengan cermat, agar tugas sebagai staf di Kelurahan Rega dan sebagai Penjabat Kades Wuliwalo, keduanya dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat Kepala Desa Wuliwalo Aditya Pratama Sutrisno menyatakan kesanggupannya. “Saya siap menjalankan kedua tugas penting yang dipercayakan kepada saya. Saya membagi waktu dengan adil, sehingga kedua tugas saya, baik tugas pokok maupun tugas tambahan, dapat dilaksakan dengan baik,” ujarnya.

Aditya menyatakan bahwa dirinya memiliki komitmen khusus terkait komunikasi dan koordinasi cepat dengan masyarakat desa.”Di Desa Wuliwalo, hingga saat ini, baru terdapat jaringan GSM, sementara jaringan internet belum ada. Keadaan ini tentunya menyulitkan koordinasi, komunikasi dan penyampaian informasi kepada masyarakat. Terlebih karena topografi alam desa ini berbukit-bukit,” ungkapnya.

Desa Wuliwalo
Penjabat Kepala Desa Wuliwalo Aditya Pratama Sutrisno

Karena itu, lanjut Aditya, dalam waktu dekat dirinya akan menghubungi salah satu provider telekomunikasi untuk mendaftarkan program SMS BULK. “Saya akan mendaftar program SMS BULK. Dengan demikian, walaupun tidak ada jaringan internet, saya dapat berkomunikasi, berkoordinasi dan memberikan informasi cepat kepada seluruh masyarakat desa melalui layanan SMS. Hanya satu kali SMS dan akan dibaca oleh banyak orang pada waktu bersamaan,” ungkapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed