by

Bupati Agas : Literasi adalah Vaksin untuk Melawan Kemiskinana

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas menyatakan bahwa kemampuan berliterasi adalah vaksin untuk melawan kemiskinan. Hal tersebut disampaikan Bupati Agas saat melaunching Majalah berjudul “The Voice Of SMAN 1 Borong” bertempat di SMAN 1 Borong, Desa Sita, Kecamatan Rana Mese, Kamis (11/11/2021).

Launching majalah tersebut ditandai dengan penyerahan majalah kepada Tim Redaksi SMAN 1 Borong dan disaksikan oleh para guru dan semua siswa/i di SMAN 1 Borong. Turut hadir mendampingi Bupati Agas dalam kesempatan tersebut, Camat Rana Mese dan Kepala SMAN 1 Borong.

“Literasi adalah vaksin untuk melawan kemiskinan. Kemampuan literasi erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa, karena dengan literasi akan mempermudah manusia untuk berkomunikasi secara efektif” jelas Bupati Agas.

Bupati Agas menguraikan bahwa kemampuan literasi bukan hanya sekedar mampu membaca dan menulis secara teknis, tetapi memiliki makna yang lebih jauh yaitu kapasitas terkoneksi secara efektif, mampu menginterpretasikan dan melihat secara luas seluk beluk lingkungan di mana ia tinggal. Semakin baik kualitas literasi, maka semakin baik kesejahteraan masyarakatnya.

Ia menambahkan bahwa banyak membaca akan melahirkan penulis yang baik. Seringkali orang memiliki keinginan yang kuat untuk menulis tetapi malas membaca dan mendengar. “Kita bisa jadi pembicara yang hebat, kita bisa jadi penulis yang hebat, tapi kita lupa menjadi pendengar yang hebat,” lanjutnya.

Bupati Agas mengajak para siswa untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan menulis. “Semuanya bisa kita lakukan dari hal-hal kecil, seperti menulis kejadian sehari-hari di buku catatan pribadi kita. Kita juga bisa menulis di sosial media, tetapi tetap dengan tujuan yang positif agar rekam jejak kita tetap dinilai baik. Jika ingin menjadi penulis yang hebat, bacalah buku tentang orang sukses, bergaulah dengan orang sukses dan menulislah tentang kesuksesan,” pesannya.(*/PKMatim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed