by

Bupati Hery Serahkan Bantuan untuk Korban Siklon Seroja

Bupati Manggarai, Herybertus G.L.Nabit, Senin (12/4) menyerahkan secara simbolis bantuan kepada korban terdampak bencana angin kencang akibat badai siklon tropis seroja di wilayah Kelurahan Pau Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, NTT.

Bantuan yang diserahkan berupa 885 lembar seng, 173 lembar seng plat, 49 kilogram paku seng, dan 5 kilogram paku balok. Bantuan diserahkan langsung kepada warga terdampak.

Sebelumnya, sebanyak 35 unit rumah warga di Kelurahan Pau mengalami kerusakan dalam skala berat dan sedang akibat diterpa angin kencang yang melanda hampir seluruh wilayah NTT sejak tanggal 4 hingga 6 April 2021 yang lalu.

Saat menyerahkan bantuan tersebut, Bupati Hery menyampaikan rasa empatinya atas kejadian tersebut. Bupati Hery berharap agar bantuan pemerintah dapat meringankan beban yang dialami oleh masyarakat terdampak bencana.

Bupati Hery menegaskan kepada pihak BPBD Kabupaten Manggarai untuk segera mendata warga terdampak yang belum sempat terdata sehingga bantuan pemerintah bisa diterima oleh seluruh warga korban bencana.

Setelah menyerahkan bantuan, Bupati Hery bersama rombongan meninjau langsung rumah warga yang rusak akibat angin kencang.

Secara keseluruhan, per tanggal 11 April 2021, total laporan kejadian bencana yang tersebar di 12 kecamatan yang telah masuk ke Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai adalah sebanyak 259 laporan. Dari total tersebut, sebanyak 260 unit fasilitas terdampak bencana dengan rincian rumah warga 217 unit, bangunan gereja/keagamaan 8 unit, fasilitas pemerintah 5 unit, fasilitas pendidikan 7 unit, fasilitas swasta 1 unit, infrastruktur (jalan, irigasi, deuker, talud) 12 unit, tanaman komoditi 6 lokasi, lahan pertanian 4 lokasi.

Dari jumlah tersebut, 33 unit dinyatakan rusak berat dan 227 unit dinyatakan rusak sedang. Jumlah KK dan jiwa yang terdampak sebanyak 150 KK, 678 jiwa, dan 87 jiwa mengungsi ke rumah keluarga. (*/PRM)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed