by

Bupati Matim Salurkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis

Penyaluran Beras Bantuan PPKM 2021 untuk Kabupaten Manggarai Timur mulai dilaksanakan secara simbolis pada Senin (26/7/21). Kegiatan digelar di Aula Kantor Camat Borong dan dihadiri oleh Bupati Manggarai Timur Andreas Agas, SH,M.Hum didampingi oleh pimpinan Perangkat Daerah terkait, Camat Borong dan Kepala Bulog Cabang Ruteng bersama perwakilan dari Kantor Pos Giro Cabang Borong.

Penyerahan simbolis BB PKM ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua pihak yang hadir diwajibkan untuk memakai masker dan mencuci tangan serta menjaga jarak selama mengikuti kegiatan.

Bantuan beras PPKM diserahkan secara simbolis kepada lima keluarga yang merupakan perwakilan dari masyarakat penerima bantuan yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur. Setiap kepala keluarga penerima bantuan menerima masing-masing 10 kg beras. Bulog Cabang Ruteng menyediakan beras sebanyak 296.520 ton untuk 29.652 KK penerima BBPKM di Kabupaten Manggarai Timur.

Bupati Manggarai Timur dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa masyrakat harus memahami bahwa beras tersebut merupakan bantuan dari pusat, dengan daftar penerima yang juga telah ditentukan oleh Kementerian Sosial.

“Bantuan beras ini dari Kementerian Sosial. Pemda hanya perantara yang membantu menyalurkannya kepada masyarakat. Pemerintah berusaha untuk memerikan yang terbaik kepada masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Selain masalah ekonomi, masalah kesehatan dan pemenuhan gizi keluarga adalah hal yang juga harus menjadi perhatian bersama. Karena itu mari memanfaatkan bantuan yang diterima, berdayakan pekarangan atau kebun untuk memenuhi gizi keluarga dengan menanam sayur-sayuran; minimal untuk konsumsi keluarga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bulog Cabang Ruteng I Putu Suantara menyampaikan bahwa stok beras yang ada di Bulog Ruteng saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran BB PKM dan cadangan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Bulog bertanggung jawab untuk menyediakan beras bantuan, kemudian menyerahkannya kepada pihak Pos dan Giro yang akan menyalurkannya kepada masyarakat penerima manfaat. Jadi program ini dijalankan bersama oleh Bulog, Pos Giro dan Pemda Manggarai Timur,” ungkapnya. (*/PKMatim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed