by

Bupati SBD Harapkan Kadin Jadi Mitra Pemerintah untuk Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Sumba Barat Daya,dr Kornelius Kodi Mete, menghadiri pelantikan pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumba Barat Daya. Pelantikan berlangsung di Kawona, Selasa (07/09/2021).

Turut hadir Wakil Ketua Umum Bidang Property Bobi Liyanto, Ketua Kadin Manggarai Barat Charles Angli Warman, Pengurus Kadin Provinsi NTT Yesenia Lianto, Pengusaha Sektor Pertanian dari Kendari Sandrianto, Pengusaha Bidang Pariwisata Ronald, Dandim 1629/SBD Letkol Inf.Alfat Denny Andrian, pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan OPD serta undangan lainnya.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan SK Ketua Umum Kadin NTT Nomor: 20/SKEP/KADIN-NTT/IX/2021 oleh Wakil Ketua Umum Bidang OKK Ir. Blasius Lema, dilanjutkan dengan pengukuhan oleh Ketua Umum Kadin NTT Ir. Abraham Liyanto, disaksikan Bupati Sumba Barat Daya.

Ketua Umum Kadin Provinsi NTT Ir. Abraham Liyanto dalam sambutannya berharap agar para pengurus Kadin Kabupaten SBD dapat membawa perubahan karakteristik bagi Kadin selama lima tahun ke depan. Disampaikannya pula bahwa Kamar Dagang Indonesia dilindungi Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987, yang menyatakan bahwa pejabat di daerah setempat yakni Bupati, Gubernur dan Presiden untuk tingkat pusat, diangkat sebagai pembina dan sebagai penasehat.

“Kadin merupakan mitra pemerintah karena pemerintah tidak akan bisa bekerja sendiri untuk menggerakkan ekonomi. Demikian pun kita di dunia usaha, tidak bisa bekerja sendiri kalau tanpa ada kolaborasi,” katanya.

Abraham berharap setelah pelantikan, kemitraan antara Kadin dan Pemerintah SBD harus benar-benar dilaksanakan. “Kadin bukan untuk mencari proyek tetapi menciptakan proyek, itulah makna dari Kadin yang sebenarnya. Kalau belum paham, kadang-kadang malas jadi pengurus Kadin, karena pengurus Kadin harus mampu berinovasi,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Kornelius dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Kadin yang dilantik dan dikukuhkan pada kesempatan tersebut.

“Saya ucapkan selamat atas dilantik pengurus Kadin SBD Periode Tahun 2011- 2026. Semoga Kadin dapat memberikan kontribusi positif bagi daerah dan dunia usaha, untuk memberikan citra positif terhadap perkembangan Kabupaten Sumba Barat Daya. Harapan saya, Kadin menjadi mitra pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan program 7 Jembatan Emas,” ungkapnya.

Bupati Yohanis menyatakan bahwa hal yang menjadi tugas berat bagi pemerintah dan Kadin di masa depan adalah menjaga ritme pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Para pelaku usaha dituntut untuk melakukan inovasi, perbaikan sistem manajemen dan mampu melihat peluang, sehingga tetap dapat eksis dan berkembang dalam kondisi yang serba sulit dan kurang menguntungkan.

Ketua Kadin terpilih Yosef Yanwar Uma Kalada mengatakan bahwa Kadin SBD hadir untuk memberikan kenyamanan bagi para pengusaha dan merangkul semua para pengusaha di Kabupaten SBD, baik pengusaha lokal maupun nonlokal.

“Kadin adalah rumah atau wadah bagi para pengusaha, mulai dari tingkat pengusaha kecil sampai pengusaha besar, semua akan bersatu di dalam wadah ini. Sebagai nakhoda baru saya menyadari sejumlah tantangan, terutama lesunya perekonomian akibat COVID-19. Oleh karena itu, kita perlu bergandengan tangan menemukan metode dan strategi baru dalam menghadapi masa pandemi ini,” jelasnya.(*/YG/PKSBD)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed