by

Disdukcapil Ende Turun ke Desa Lakukan Perekaman e-KTP

Penulis :Gissele
Ende, Aksara Nusa

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ende melakukan pelayanan perekaman e-KTP dengan metode jemput bola. Tim dari Disdukcapil Ende turun ke desa-desa melakukan pelayanan  perekaman e-KTP kepada warga yang belum memilikinya. Metode ini dilakukan untuk merespon permintaan dari para kepala desa di tengah pandemi covid-19.

Sekretaris Disdukcapil Ende, Syarul Yahya yang dihubungi  media ini, Selasa (22/9/2020) siang mengatakan bahwa tim dari Disdukcapil Ende sedang berada di Desa Aewora Kecamatan Maurole, untuk melayani perekaman e-KTP di desa tersebut. Syarul menyatakan bahwa terdapat sekitar dua ratus lebih warga desa Aewora yang mengikuti perekaman e-KTP dan merespon positif pelayanan jemput bola oleh Disdukcapil Ende. 

Ende
Petugas Disdukcapil Ende, saat melakukan perekaman data untuk e-KTP

“Metode ini kami lakukan  untuk pendekatan pelayanan dan menjawab permintaan  dari kepala desa, karena saat ini masih ada covid-19 dan warga takut ke kota. Dengan sistem ini kita meminimalisir kerumunan warga di Kantor Disdukcapil Ende, ” katanya. 

Sekretaris Disdukcapil Ende juga mengatakan bahwa selain di Desa Aewora Kecamatan Maurole, Disdukcapil Ende juga akan melayani perekaman e-KTP di beberapa desa di kecamatan lainny. “Model pelayanan  seperti ini akan dilakukan karena banyak warga yang belum memiliki e-KTP. Dan warga yang telah mengikuti perekaman ini akan menerima e-KTPnya di desa, yang langsung didropping oleh Disdukcapil Ende,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Aewora Yulius Mangu mengapresiasi gebrakan yang dilakukan oleh Disdukcapil Ende. Yulius menyampaikan bahwa gebrakan tersebut adalah bentuk kerja dan keseriusan pemerintah melalui Disdukcapil, untuk memberikan pelayanan prima kepada warga di desa, sehingga warga tidak perlu lagi membuang waktu untuk datang ke kota demi mengurus dokumen kependudukan.

e-KTP
Warga Desa Aewora berkumpul untuk merekam data e-KTP

“Sebagai kepala desa, saya sangat berterimakasih kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende yang telah meluangkan waktu memberikan pelayanan pengurusan perekaman e-KTP di desa Aewora. Sistem ini benar- benar memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan,” katanya.

Kades Aewora mengharapkan agar setelah perekaman data, e-KTP segera dicetak dan dibagikan kepada warga, sehingga bisa segera digunakan. “Pemerintah desa juga akan membantu mengurus kartu keluarga secara kolektif sehingga dapat diproses secara serentak di Disdukcapil Ende,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed