by

Forkompimcam Keo Tengah dan Para Imam Masjid Sepakati Cegah Penyebaran Covid-19

Camat Keo Tengah bersama Danposramil Keo Tengah Yohanes Sawu Iwa saat mengunjungi Imam Masjid Rahmat Allah Daja

ASR
Keo Tengah, floresshadow

Para Imam Masjid di Kecamatan Keo Tengah, antara lain Imam Masjid Rahmat Allah Daja
Hj. Hasan Syarif, Imam Masjid Nur Ilahi Maundai Jafar H Abdulhamid dan Imam Masjid Baiiturahman Maunori Ismail Ahmad, bersama Forkompimcam Keo Tengah, bersepakat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hal tersebut disampaikan Camat Keo Tengah Hildegardis M Kasi, Selasa, 28 April 2020, setelah bersama Danposramil Kecamatan Keo Tengah Yohanes Sawu Iwa, pada Senin, 28  April 2020, melakukan silahturahmi ke sejumlah imam masjid dalam wilayah Kecamatan Keo Tengah.

“Dalam silahturahmi yang kami lakukan, kami membuat pendekatan dan kesepakatan dengan para Imam Masjid, tentang pelaksanaan ibadah puasa, sesuai protokol pencegahan Covid-19,” katanya. Hildegardis menjelaskan bahwa hari demi hari, angka Pelaku Perjalanan dari Tempat Terjangkit (P2T2) di Kecamatan Keo Tengah semakin meningkat, sehingga menuntut semua pihak untuk lebih waspada.

Hildegardis mengungkapkan bahwa kesepakatan dengan para imam masjid tersebut antara lain adalah bahwa untuk sementara waktu,  pelaksanaan ibadah berjamaah seperti shalat Jumat di setiap masjid, dihentikan dan diganti dengan shalat Dzuhur di rumah masing- masing.

“Hal yang sama berlaku untuk shalat lima waktu, Ta’lim dan aktivitas ibadah lainnya seperti shalat tarawih, tilawah atau Tadarus Al-Qur’an, sahur dan buka puasa bersama serta aktivitas lainnya yang telah menjadi tradisi di bulan suci ramadhan,” jelasnya. Hildegardis menyatakan bahwa pemerintah mengharapkan agar meskipun sedang menghadapi pandemi Covid 19, ibadah puasa umat Islam harus  tetap terjamin keamanan, ketenangan dan ketertibannya.

“Karena itu, ibadah shalat lima waktu dan aktivitas ibadah lainnya tetap dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga inti. Azan tetap dikumandangkan di setiap masjid pada setiap lima waktu shalat, sebagaimana biasa untuk mengingatkan umat Islam agar segera mendirikan shalat baik secara individu atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah masing-masing. Hanya ibadah berjamaah saja yang diberhentikan untuk sementara waktu, hingga situasi kondusif berdasarkan penetapan pemerintah,” tegasnya.

Imam Masjid Nur Ilahi Maundai Jafar H Abdulhamid membenarkan hal tersebut. Ia menyatakan bahwa bahwa pihaknya siap menjalankan kesepakatan tersebut.”Sebab ajaran agama kami mengajarkan kami untuk patuh kepada pemimpin. Jadi kami siap mengikuti, demi mencegah penyebaran covid-19,”singkatnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed