by

Gedung Baru Pastoran Soa Dibangun, Bupati Dan Ketua DPRD Letak Batu Pertama

Penulis : Wiro Aldian
Bajawa, Kabupaten Ngada

Bupati Ngada Paulus Soliwoa, Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu, Penasehat DPP Paroki Soa yang juga Camat Soa Yoakim Nango serta Tokoh Adat yang juga Tuan Tanah Petrus Sawo melakukan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Baru Pastoran Paroki Salib Suci Soa, Kevikepan Bajawa, Jumat (12/6).


Acara peletakan batu pertama tersebut diawali dengan upacara adat yang dipimpin tokoh adat setempat dilanjutkan dengan ibadat sabda yang dipimpin oleh Pastor Paroki  Salib Suci Soa, RD Daniel Aka.


Rumah Pastoran Paroki Salib Suci Soa tersebut dibangun dengan ukuran 10 x 25 meter dan dikerjakan oleh CV. Sejati Karya. Direktur CV Sejati Karya, Karel Dopi, turut hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung baru tersebut.
Dalam kegiatan peletakan batu pertama tersebut, undangan yang hadir tetap memperhatikan protokoler kesehatan Covid – 19 yakni tetap menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Para tokoh masyarakat, saat menghadiri acara peletakan batu pertama

Usai peletakan batu pertama pembangunan Gedung Baru Pastoran Paroki Salib Suci Soa tersebut, Pastor Paroki Soa RD. Daniel Aka dalam
sambutannya mengatakan bahwa ide membangun pastoran baru menggantikan pastoran lama, sudah direncanakan lama namun umat dan DPP bersepakat untuk dahulukan renovasi Gereja sehingga setelah Gereja direnovasi dan saat ini pembangunan Pastoran tersebut baru dimulai setelah Gereja direnovasi tahun 2017.
Gedung Pastoran yang akan dibangun tersebut membutuhkan anggaran sebesar Rp.3,3 Miliar yang akan dibangun 2 lantai di mana lantai 2 akan dibangun ruang Adorasi.


Dikatakan juga bahwa dengan semakin berkembangnya wilayah Soa maka kadang pula Pastoran Paroki Salib Suci Soa dijadikan sebagai tempat transit atau istirahat sehingga perlu disiapkan juga kamar untuk tamu Paroki sehingga gedung Baru nanti akan ditambah kamar.
Romo Dan juga mengungkapkan bahwa kehadiran Bupati, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Ngada merupakan sebuah kekuatan dalam proses pembangunan tersebut.
” Kita merasakan bahwa kita tidak sendiri karena Bupati dan DPRD hadir dan memberikan dukungan,” katanya.

Sejumlah Biarawan FMM Soa menghadiri acara peletakan batu

Dikatakan pula bahwa Pemerintah Kabupaten Ngada terus bersinergi dengan Gereja termasuk di Soa di mana Pemerintah Kecamatan juga selalu bekerjasama dan Gereja Katolik Salib Suci Soa merupakan satu satunya Paroki yang ada di Wilayah Kecamatan Soa. Dikatakan juga bahwa umat Paroki Soa berjumlah 14417 dengan
16 Stasi dan 186 KUB yang tersebar pula pada
14 Desa. Dalam  kebersamaan dirinya untuk umat dan Pemerintah untuk rakyat sama- sama memberikan perhatian yang sama untuk kesejahteraan rohani dan jasmani.


Ketua DPRD Kabupaten Ngada Bernadinus Dhey Ngebu pada kesempatan tertentu mengatakan bahwa DPRD Kabupaten Ngada pasti berada bersama rakyat yang juga adalah umat untuk itu untuk sebuah perjuanganan luhur umat ini pihaknya pasti memberikan dukungan.

Ketua DPRD Kabupaten Ngada Bernadinus Dhey Ngebu


Sementara itu Bupati Ngada Paulus Soliwoa saat memberikan sambutan pada acara tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Ngada dalam beberapa tahun terakhir ini memberikan bantuan pembangunan dan renovasi  rumah ibadah.


Dikatakan Bupati juga bahwa Allah, Arwah dan Alam merupakan kekuatan untuk kehidupan manusia dan Tuhan selalu merestui semua yang berkehendak baik.
Sebagai Bupati saat ini  bukan memberikan bantuan untuk pembangunan rumah ibadah bukan dilakukan karena menyosong Pilkada tetapi sudah sering dilakukan atas persetujuan DPRD Kabupaten Ngada. Pemerintah Kabupaten Ngada memberikan bantuan tersebut juga mengambil sebagian tanggung jawab umat.

Bupati Ngada Paulus Soliwoa


Untuk itu pihaknya akan juga berkordinasi dengan DPRD Kabupaten Ngada untuk memberikan bantuan bagi Umat Paroki Soa.


Hadir juga dalam kegiatan tersebut hadir pula anggota Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ngada Aloysius Soa serta Anggota DPRD  Ngada Irenius Wale dan Mathias Rema Esi, sejumlah pimpinan SKPD Kabupaten Ngada, Kapolsek Soa Ipda Egedius Taa, Babhinsa Soa Sertu Imanuel Mesak, para biarawan- biarawati, tokoh masyarakat, tokoh adat para kepala desa se-Kecamatan Soa serta sejumlah tamu dan undangan lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed