by

Jamaah Masjid Nurul Islam Kolikapa Laksanakan Penyembelihan Hewan Qurban

Pandemi covid 19 yang masih dialami Bangsa Indonesia merupakan kenyataan yang harus dihadapi. Namun kondisi tersebut, tidak menyurutkan semangat jamaah Masjid Nurul Islam Kolikapa untuk berbagi dengan sesama.

Hal tersebut dibuktikan dengan semangat jamaah dalam melaksanakan ibadah, baik Sholat Idul Adha maupun penyembelihan hewan qurban. Sholat Idul Adha 1442 H yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, dilaksanakan secara khidmat di beberapa rumah, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Jamaah menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, jamaah tetap di rumah masing masing, sedagkan beberapa engurus asjid dibantu remaja masjid melaksanakan penyembelihan hewan qurban di halaman Masjid darurat Nurul Islam Kolikapa.

Jamaah Masjid Kolikapa bekerja sama dengan Pondok Pesantren Al Ummah Al Islamiyyah Mbay melaksanakan penyembelihan hewan qurban dengan perincian, sapi sebanyak 10 ekor dan kambing sebanyak 7 ekor.
Daging hewan qurban kemudian dikemas dalam plastik dengan berat masing-masing 3 kg.

Daging qurban tersebut kemudian didistribusikan kepada Jamaah Masjid Kolikapa termasuk beberapa masyarakat Non Muslim. Pembagian qurban diberikan juga kepada ummat islam Kampung Maki Paket dan ummat islam Nanganumba (Desa Nggolonio).

Demikian penjelasan Ketua Panitia Pengurusan Hewan Qurban yang juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Al Ummah Al Islamiyyah Mbay Saiful Ismail Rena, S.HI.

“Alhamdulillah, daging hewan qurban ini kita bagikan kepada jamaah Masjid Kolikapa dan beberapa kampung, di antaranya ke Maki Paket dan Nanganumba,”ujarnya.

Saiful menjelaskan bahwa daging qurban yang didistribusikan, sebelumnya telah diperiksa kelayakannya oleh petugas dari Dinas Peternakan.
“Daging qurban ini sebelum didistribusikan, sudah dinyatakan layak, karena telah diperiksa oleh petugas dari Dinas Peternakan”, tambahnya.

Hewan qurban yang diamanahkan untuk dikelola oleh Pondok Pesantren Al Ummah Al Islamiyyah Mbay dan Masjid Nurul Islam Kolikapa yang juga diketua oleh Saiful Ismail Rena, selain disembelih di Kolikapa, juga di kirim ke beberapa tempat, yaitu Masjid Kaburea 2 ekor sapi, Masjid Waekokak 1 ekor sapi, dan Musholah Nurul Hidayah Tonggurambang Barat 1 ekor sapi. Selain hari ini, diinformasikan bahwa pada hari Jumat nanti akan dilaksanakan lagi penyembelihan 3 ekor sapi, bertempat di Pondok Al Ummah Al Islamiyyah Mbay.

“Kita mendapat amanah untuk mengelola hewan qurban, jadi hari ini kita sembelih di sini, sebagiannya kita kirim ke Translok 1 ekor, Tonggurambang Barat 1 ekor dan ke Kaburea 2 ekor. Dan hari Jumat nanti kita sembelih lagi 3 ekor sapi di pondok pesantren nanti”, tambahnya.

Terpantau di lokasi penyembelihan, semua panitia dalam melaksanakan tugas tetap mematuhi protokol kesehatan.
Pendistribusian daging hewan qurban turut disaksikan Syafrudin Ali, S.Ag, Kepala KUA Kecamatan Aesesa.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala KUA mengingatkan agar pendistribusian daging hewan qurban dapat dilaksanakan secara teliti dan cepat.
“Ingat, kalau sudah kemas, lansung distribusi secara cepat dan teliti,” imbaunya.
Selain itu, Syarifudin menyampaikan terima kasih dan motivasi dalam berqurban.

“Terima kasih buat saudara-saudaraku yang sudah berqurban di sini. Semangat berqurban tetap kita pertahankan, bila perlu kita tingkatkan meskipun di masa pandemi,” harapnya.

Di tempat yang sama, hadir Sekretaris PHBI Kabupaten Nagekeo Hasbil Rena, dalam rangka memantau sekaligus mendata jumlah dan jenis hewan qurban. Kehadirannya dalam kegiatan tersebut juga memberikan penegasan agar daging yang dibagikan dikelola secara baik, agar dapat bermanfaat sebagai imun bagi tubuh dimasa pandemi ini.

“Alhamdulillah, daging yang dibagikan ini diharapkan dapat dimasak dengan baik, agar setelah disantap nanti bisa menambah imun tubuh kita” tuturnya.(*/HR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed