by

Kelurahan Rega Siapkan Ember Cuci Tangan untuk Warga

Lurah Rega, Hieronimus Lao Meze bersama staf, saat membagikan ember cuci tangan ke setiap lingkungan

ASR
Boawae, floresshadow

Sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus corona, Kelurahan Rega Kabupaten Nagekeo di Kecamatan Boawae, menyiapkan ember cuci tangan bagi warganya.

Demikian disampaikan Lurah Rega Hieronimus Lao Meze, Jumat, 24 April 2020.” Sebagai upaya untuk mencegah penularan berbagai jenis penyakit termasuk virus corona, Kelurahan Rega, menyediakan 36 ember cuci tangan untuk masyarakat,” katanya.

Hieronimus menjelaskan bahwa sumber anggaran pembelian ember-ember tersebut adalah DPA Kelurahan Rega Tahun Anggaran 2020.” Masing-masing kelurahan memiliki anggaran yang dialokasikan khusus untuk pencegahan covid -19. Untuk Kelurahan Rega, kami menyediakan ember cuci tangan untuk warga lengkap dengan sabun. Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi tentang pencegahan covid- 19 secara rutin di setiap lingkungan” ujarnya.

Ember-ember cuci tangan milik Kelurahan Rega

Hieronimus menyatakan bahwa ember-ember tersebut ditempatkan di setiap jalan masuk menuju setiap lingkungan. “Jadi, di setiap jalan masuk, warga dapat langsung mencuci tangan, sehingga masuk ke rumah masing-masing sudah dalam keadaan bersih,” jelasnya.
Hieronimus menyatakan bahwa sebagai Lurah, dirinya terus menghimbau warga untuk selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat, mengenakan masker saat keluar rumah dan menjaga jarak aman dengan orang lain.

“Sejujurnya, kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker masih rendah. Sebagian karena belum terbiasa, sisanya karena belum memiliki masker. Karena itu, kami dari pihak kelurahan bersama para bidan desa, tidak berhenti untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker dan PHBS,” tegasnya.


Sementara itu, Bidan Desa Kelurahan Rega Els Pelo membenarkan bahwa pihaknya bersama Pemerintah Keluarahan Rega, senantiasa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat, terutama tentang pencegahan penyebaran covid-19.”Dengan disediakannya ember cuci tangan di setiap lingkungan dalam wilayah Kelurahan Rega, kami harapkan agar kesadaran masyarakat untuk menjaga menjaga kebersihan diri, terutama di tengah pandemi covid ini, semakin meningkat. Kami sendiri, sebagai bidan desa, secara rutin melakukan sosialisasi tentang pencegahan covid, mengajarkan  langkah-langkah mencuci tangan dan mengedukasi masyarakat untuk mengenakan masker,” jelasnya.

Bidan Desa Kelurahan Rega sedang mengedukasi masyarakat tentang langkah-langkah cuci tangan


Bidan Els mengakui bahwa banyak warga yang belum memahami pentingnya penggunaan masker dalam pencegahan penularan virus corona. “Misalnya saat datang berobat ke polindes. Banyak warga yang datang tanpa mengenakan masker. Banyak juga yang tidak mengindahkan aturan untuk menjaga jarak aman dengan orang lain,” ungkapnya. Hal tersebut, lanjut Bidan Els, menjadi perhatian khusus para tenaga kesehatan.”Kenyataan tersebut membuat kami perlu terus melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat, dengan cara-cara yang mudah dipahami agar pesan kami tersampaikan,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed