by

Masyarakat di Pasar Aimere Terima Masker Gratis

Dua dari beberapa anjuran yang termaktub dalam Protokol Kesehatan terkait COVID-19 ialah menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Dalam pelaksanaannya, dua anjuran ini justru acapkali paling diabaikan, terlebih di tempat-tempat umum semisal pasar. Kondisi ini tentu amat memudahkan laju penyebaran Coronavirus Disease, yang hingga saat ini, belum dapat diprediksi kapan akan berakhir.

Menyadari potensi yang amat berbahaya ini, Yayasan Arnoldus Wea Dhegha Nua merasa terpanggil untuk ikut ambil bagian dalam upaya kembali menyadarkan masyarakat akan pentingnya menaati protokol kesehatan. Bukan dengan cara membubarkan kerumunan atau membatasi aktivitas permintaan-penawaran, yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan, pariwisata, dan sosial-kemasyarakatan ini, menyediakan masker untuk dibagikan secara gratis.

Pilihan untuk menyasar masyarakat umum di Pasar Aimere, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada sebagai penerima masker gratis bukan tanpa alasan. Co-Founder Yayasan Arnoldus Wea Dhegha Nua, Arnoldus Wea, menyebut bahwa pasar merupakan ruang publik dengan risiko paling tinggi.

“Alasan kami memilih Pasar Aimere sebagai area pertama yang menjadi sasaran pembagian masker gratis ialah karena pasar pada umumnya merupakan ruang publik dengan aktivitas masyarakat yang tinggi. Beban risiko penularan COVID-19 tentu lebih besar dibanding tempat-tempat lain,” ungkap Arnoldus singkat.

Andi Wawolena sebagai perwakilan Yayasan Arnoldus Wea Dhegha Nua yang terjun langsung dalam kegiatan pembagian masker ini menambahkan alasan Pasar Aimere menjadi sasaran utama pembagian masker gratis tahap satu ini.

“Secara geografis, Pasar Aimere mempertemukan penjual dan pembeli dari wilayah barat Ngada dan timur Manggarai Timur. Fakta ini menyebabkan Pasar Aimere jauh lebih berisiko dibanding pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli hanya dari satu wilayah saja,”tegas Andy.

Antusiasme masyarakat ketika menerima masker gratis merupakan bukti bahwa masker telah menjadi kebutuhan baru di masa yang amat sulit ini. Melalui Divisi AW Peduli, terutama AW Peduli COVID-19, Yayasan Arnoldus Wea hadir mengisi kebutuhan masyarakat akan masker yang bagus dan sesuai standar kesehatan. 

Staf Dinas Perhubungan Kabupaten Ngada yang bertugas mengatur ketertiban Pasar Aimere, Benny Ngiso (48), mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Arnoldus Wea Dhegha Nua.

“Inisiatif Yayasan ini perlu saya apresiasi. Terima kasih karena telah melakukan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat di Pasar Aimere ini. Masker ini bagus dan berbeda dari masker yang biasa saya gunakan. Terima kasih, Adik-adik yang hari ini datang membagi masker kepada kami”, tandas Benny.(MM)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed