by

Pastikan Siswa Dapatkan Materi Belajar, Spensa Bajawa Siapkan Video

Penulis: WD
Bajawa, Aksara Nusa

Untuk memastikan para siswanya mendapatkan materi pembelajaran yang sesuai di tengah penerapan PSBB akibat pandemi covid-19, guru-guru SMPN I (Spensa) Bajawa, membuat video pembelajaran. Video pembelajaran tersebut berisi materi ajar bagi para siswa untuk belajar dari rumah.
Video pembelajaran tersebut dibuat oleh para guru selama tiga hari yaitu sejak tanggal 14 hingga 17 Juli 2020.

Kepsek SMP Negeri I Bajawa Maria C. Imelda, Rabu (22/07/2020) menyampaikan bahwa meskipun para siswa saat ini sedang belajar dari rumah, pihaknya berupaya agar para siswa dapat belajar dengan baik dan dapat tetap menyimak materi yang diberikan oleh para guru.

“Walaupun siswa belajar dari rumah, namun perlu ada media pembelajaran dan materi ajar yang mampu menjangkau siswa, sehingga kegiatan belajarnya tetap efektif,” katanya. Imelda melanjutkan bahwa dengan adanya video berisi materi pembelajaran, para siswa dapat memperoleh materi pembelajaran sesuai jadwal belajar. “Untuk tujuan tersebut, saya memotivasi para guru untuk membuat video pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu para siswa di saat belajar dari rumah,” jelasnya.

Imelda menyatakan bahwa meskipun siswa-siswi belajar dari rumah, para guru harus tetap optimis dan terus berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi siswa/siswi. “Para guru tidak boleh berhenti belajar hal-hal baru, apalagi yang berkaitan dengan IT. Karena itu, dengan segala keterbatasan, para guru harus mampu membuat video pembelajaran. Semuanya itu demi siswa-siswi kami,” tambahnya.

Spensa Bajawa
Kepala SMPN I Bajawa Maria C Imelda, mendampingi para guru membuat video pembelajaran

Imelda menegaskan bahwa selain guru, pihaknya mengharapkan dampingan dari para orang tua, terutama pada saat siswa belajar dari rumah. “Kami harapkan perhatian orang tua. Yang paling penting adalah menciptakan situasi rumah yang kondusif sehingga anak-anak dapat belajar dengan baik. Dan kami sangat mengapresiasi para orang tua untuk kerja sama yang baik selama ini. Para orang tua telah merespon dengan sangat baik terhadap skenario pembelajaran yang dibuat oleh sekolah,” ungkapnya.

Maria menyatakan bahwa dirinya terharu dan bangga atas respon yang ditunjukan para orang tua. “Para orang tua berupaya menyiapkan segala sarana antara lain laptop, internet dan HP. Hal itu membuat para guru semakin bersemangat untuk memastikan siswa mendapatkan materi belajar yang baik dan sesuai, ” tutupnya.

Sementara itu, Kaur Kesiswaan SMPN 1 Bajawa Lery Gili menjelaskan bahwa pihak sekolah telah membuat Studio Mini Sekolah. “Studio tersebut menjadi tempat para guru merekam pemaparan materi, yang kemudian  melalui proses editing dan akhirnya menjadi video pembelajaran bagi siswa SMPN 1 Bajawa,” jelasnya.

Lery mengharapkan agar kehadiran studio mini sekolah dapat memotivasi para guru untuk terus berkarya. “Semoga para guru terus berinovasi dan membuat video-video pembelajaran yang lebih kreatif, menarik dan mudah dipahami oleh para siswa,” harapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Hello,

    I am looking to get in touch with someone that works with your marketing or support team. My name is Samantha, and I help clients install/replace live chat software on their websites.

    If you or someone on your team might be interested, we perform live weekly webinars to demo our product and encourage anyone to attend a 30-min session. Our live chat is free to install for three months, so you can fully experiment to see how it impacts sales or support interactions with your customers on aksaranusa.com.

    Would you be interested in learning more? I’d be happy to answer your questions!

    Samantha Milan
    Chat Service Division, Tyipe LLC
    500 Westover Drive, #15391
    Sanford, NC 27330

    If you’re not interested, feel free to opt out here http://esendroute.com/remove?q=aksaranusa.com&i=14

News Feed