by

Pejabat Kades Compang Cibal Serahkan Bantuan Sarana Cuci Tangan untuk Warga

Penjabat Kepala Desa Compang Cibal Kecamatan Cibal Barat Kabupaten Manggarai menyerahkan sejumlah bantuan Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (SCTPS) untuk warganya. Sejumlah 300 buah SCTPS tersebut diterima warga Desa Compang Cibal di posko pintu masuk desa.

Untuk menahan laju penyebaran Pandemi Covid-19 di Kabupaten Manggarai, sejumlah desa mulai mengaktifkan kembali relawan desa yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19 tingkat desa dan kecamatan. Satgas dan relawan tersebut mulai mendirikan posko-posko yang berada di pintu masuk desa.

Seremoni penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Camat Cibal Barat Karolus Mance dan disaksikan oleh Penjabat Kades Compang Cibal, unsur Forkopimcam, relawan dan Satuan Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kecamatan Cibal Barat pada Kamis (4/3/2021).

Camat sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Cibal Barat Karolus Mance mengatakan bahwa penyerahan bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah desa untuk membantu masyarakat dalam memerangi penyebaran virus corona, khususnya di wilayah Cibal Barat.

“Saya harapkan agar kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat, tetap taat pada himbaun Prokes, seperti tetap pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun dan prokes lainnya. Kita mau agar virus Corona ini cepat berlalu dari hadapan kita,” ungkap Camat Karolus.

Terkait penyerahan bantuan sarana tersebut, Camat Karolus mengapresiasi gebrakan dan inisiatif dari perangkat Desa Compang Cibal dan para relawan desa dalam upayanya memerangi penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

“Apresiasi yang dalam atas gebrakan dan inisiatif dari seluruh perangkat Desa Compang Cibal dalam perannya memerangi laju penyebaran Virus Corona ini. Karena itu saya berharap sarana CPTS ini bukan hanya sebagai pajangan saja tetapi dapat digunakan sesuai fungsinya,” harapnya.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Compang Cibal Frasiskus Odi menjelaskan bahwa penyerahan bantuan sarana cuci tangan tersebut merupakan bagian dari upaya menekan penyebaran covid-19 di Compang Cibal.

“Ini bentuk respon pemerintah desa dan relawan terhadap kebutuhan warga Compang Cibal. Kami hadir untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya ketaatan terhadap protokol kesehatan,” ungkapnya.

Menurutnya, bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari Permenkeu Nomor I tTahun 2021 terkait Penggunaan Dana Desa Operasional Covid-19 Tahun Anggaran 2021, dalam surat KPPN Ruteng Tanggal 02 Maret 2021 lalu.

“Kita juga sudah mendapatkan persentasi sebesar 8 persen dari dana desa untuk memberikan dukungan pendanaan dalam penanganan pandemi Covid-19,” tutupnya.

Gaspar Ngawang, salah seorang penerima bantuan sarana cuci tangan tersebut mengungkapkan rasa bangganya atas bantuan tersebut. “Kami rasa bersyukur dan terima kasih karena kepedulian pemerintah terhadap warga, agar masyarakat terlindungi dari penyebaran Covid-19. Harapan kami tetap seperti ini ke depannya bagi desa Compang Cibal ini, bagi kami masyarakat,” ujar Gaspar.

Penyerahan bantuan sarana cuci tangan ini selain di Desa Compang Cibal, juga diikuti oleh sembilan desa lainnya di Kecamatan Cibal Barat.

Pengaktifan kembali relawan covid desa di Kabupaten Manggarai didasarkan pada Surat Penegasan Bupati Manggarai pada tanggal 15 Februari 2021 lalu dengan Nomor 130/20/II/2021 Agno 412.3/41/II/DPMD/2021 sesuai peraturan Menteri keuangan nomor 222/PMK.07/2020 tentang pengelolaan Dana Desa. Pengaktifan kembali posko covid desa juga termuat dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 tahun 2020 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021.(*/PR-PKM)

News Feed