by

PemKel Towak bersama Yayasan Puge Figo Lakukan Penghijauan di Mata Air Bhangang

Dalam upaya melindungi sumber mata air Bhangang di Kelurahan Towak Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Pemerintah Kelurahan Towak bersama Yayasan Puge Figo melakukan penghijauan berupa penanaman anakanpohon gayam dan beringin di sekitar lokasi tersebut, Jumat (12/02/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Lurah Towak Benediktus K. Rani didampingi Perwakilan Yayasan Puge Figo, serta dihadiri oleh Babinsa Towak Edmundus Meo, para Ketua RT, kaum muda, komunitas pencinta lingkungan hidup serta sejumlah warga Lingkungan III Mboaloing.

Kegiatan penghijauan dimulai pukul 8.00 pagi, rombongan berjalan menuju lokasi mata air Bhangang, yang terletak sekitar 7 kilometer dari pemukiman warga, sambil memikul anakan pohon. Peserta kegiatan dan warga tampak sangat antusias, meskipun jalan sangat licin dan berlumpur.

Kepala Divisi Reboisasi Yayasan Puge Figo Raimundus, saat menyerahkan anakan pohon kepada Lurah Towak Benediktus K. Rani didampingi Babinsa Towak Edmundus Meo

Di lokasi kegiatan, dilakukan penyerahan anakan gayam dan beringin dari Yayasan Puge Figo kepada pemerintah Kelurahan Towak. Selanjutnya, dilakukan penanaman 200 anakan pohon di lokasi mata air, sementara 300 anakan pohon lainnya, yaitu anakan cendana, lamtoro dan taramba, telah ditanam terlebih dahulu pada sejumlah lokasi berbeda antara lain di tempat umum dan lahan warga.

Lurah Towak Benediktus K. Rani menyatakan bahwa  penanaman di sekitar mata air merupakan aksi jangka panjang konservasi dan upaya rehabilitasi lahan. “Kami melakukan kegiatan ini didasari oleh keprihatinan terhadap kesulitan yang sering dialami oleh masyarakat Lingkungan III Mboaloing, yang setiap musim kemarau sangat sulit mendapatkan air bersih.” katanya.

Benediktus menyatakan bahwa satu-satunya sumber air di lingkungan tersebut bersumber dari mata air Bhangang. “Namun debit air pada musim kemarau sangat kecil, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan warga yang berjumlah sekitar 300 jiwa. Karena itu, penghijauan ini kami lakukan dengan harapan pohon-pohon ini akan melindungi sumber air ini. Dalam kegiatan ini kami libatkan kaum muda, untuk memberi semangat dan pemahaman, agar kaum muda terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan dan kegiatan-kegiatan positif kemasyarakatan lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Lurah Towak menyatakan apresiasi kepada Yayasan Puge Figo, yang telah menyumbangkan anakan pohon.”Kami menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Puge Figo untuk anakan pohon serta kepedulian terhadap kelestaraian lingkungan di Kelurahan Towak” ujarnya.

Benediktus menegaskan bahwa rencana aksi jangka pendek terkait pemenuhan air bersih di Lingkungan III Kelurahan Towak telah dialokasikan melalui dana PMK.  “Untuk jangka panjang, kita lakukan penghijauan dan  sementara jangka pendek kami telah mengalokasikan dana PMK untuk pembangunan sumur bor serta penyediaan sarana penampungan air bersih,” urainya.

Di saat yang sama, Kepala Divisi Reboisasi Yayasan Puge Figo Raimundus menyampaikan apresiasi kepada warga Kelurahan Towak khususnya warga Lingkungan III Mboaloing, yang telah menanam anakan sebagai perlindungan mata air Bhangang. “Secara teknis vegetasi sudah ada dan tinggal diperkaya dengan jenis anakan yang cocok tumbuh di sumber mata air ,” katanya.

Staf Divisi Reboisasi Yayasan Puge Figo Aris mengatakan bahwa fakta menunjukkan bahwa setiap musim kemarau, warga selalu kesulitan mendapatkan air bersih dan hal tersebut telah berulangkali diberitakan oleh berbagai media.

“Setiap musim kemarau, warga terpaksa harus membeli air bersih, padahal terdapat mata air yang harusnya dilestarikan. Hari ini, warga Mboaloing bersama kami mereboisasi lingkungan di sekitar sumber mata air. Ini bukti nyata bahwa masyarakat peduli terhadap ketersediaan air. Manfaat menanam pohon memang tidak dapat langsung kita nikmati, tetapi pohon akan melindungi tanah dan sumber air tanah, yang pada saatnya akan kita nikmati,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed