by

PMI Nagekeo Gelar Aksi Donor Darah di Kelurahan Mbay I

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nagekeo, Rabu(24/03/ 2021) menggelar Sosialisasi dan Aksi Donor Darah bertempat di Kelurahan Mbay I Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua PMI Kabupaten Nagekeo Kristianus P. Jogo, Lurah Mbay I Richard Lamanepa, para Ketua RT, para kepala lingkungan, Karang Taruna Kelurahan Mbay I, Ketua dan anggota TP-PKK Kelurahan Mbay I, masyarakat umum dan undangan lainnya.

Ketua PMI Kabupaten Nagekeo Rispan Jogo menyatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya mensosialisasikan pentingnya melakukan donor darah.

Ketua PMI Kabupaten Nagekeo
Rispan Jogo

“Dalam kegiatan hari ini, PMI mensosialisasikan kepada masyarakat Kelurahan Mbay I tentang pentingnya melakukan aksi sosial donor darah. Donor darah, selain sangat membantu orang lain yang memvutuhkan transfusi, juga sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan pendonor, antara lain mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker, membakar kalori, meningkatkan produktifitas darah, menurunkan kolesterol dan beragam manfaat kesehatan lainnya,” ujar Rispan.

Rispan menjelaskan bahwa setelah dilakukan sosialisasi, PMI Nagekeo melakukan pemeriksaan golongan darah dan kegiatan donor darah. “Dari Kelurahan Mbay I, PMI berhasil mengumpulkan delapan kantong darah. Jumlah ini sangat berarti bagi sesama yang membutuhkan dan karenanya sangat kami hargai,” ungkapnya.

Rispan melanjutkan bahwa pihaknya mengapresiasi Pemerintah dan masyarakat Kelurahan Mbay I yang sangat antusias mendonorkan darah.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Lurah Mbay I yang sangat responsif terjhadap program PMI ini. Bahkan Bapak Lurah menjadi pendonor pertama. Hal ini merupakan contoh dan keteladanan yang baik dari seorang pemimpin untuk.masyarakatnya karena setetes darah yang kita berikan dapat menyelamatkan nyawa sesama yang membutuhkan,” tuturnya.

Rispan melanjutkan bahwa sebelumnya, PMI telah melakukan aksi yang sama di beberapa wilayah.” Kami dari PMI akan terus melakukan sosialisasi, pemeriksaan darah serta kegiatan domor darah di desa desa atau kelurahan lainnya. Hal ini adalah bentuk aksi “jemput bola” demi memunuhi kebutuhan darah di RSD Aeramo yang terus meningkat,” tandasnya.

Sementara itu Lurah Mbay I Richard Lamanepa menyatakan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan kerja sama dari PMI Nagekeo.

Lurah Mbay I Richard Lamanepa

“Adanya giat donor darah hari ini merupakan wujud kepedulian warga Kelurahan Mbay I dan aparatur sipil yang bertugas di Kantor Lurah Mbay I. Harapan kami agar di masa depan, kita bisa perluas kegiatan jemput bola ini di setiap lingkungan yang ada di kelurahan Mbay I, untuk mendapatkan lebih banyak darah lagi dan untuk membantu warga mengetahui kondisi kesehatan dan golongan darahnya. Terima kasih, PMI Nagekeo,” tutupnya. (RR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed