by

Prodi Keperawatan Ende Bagikan Seribu Masker Gratis untuk Masyarakat

Penulis : Gissele
Ende, Aksara Nusa

Program Studi Keperawatan  Ende dari Politeknik Kesehatan- Kemenkes Kupang  membagikan 1000 buah masker gratis untuk warga. Aksi tersebut merupakan aksi yang dilakukan secara nasional, yang digagas oleh Kemenkes RI berupa “Gerakan Pembagian Satu Juta Masker” kepada masyarakat, yang bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19. Aksi tersebut dilaksanakan pada Rabu (2/9/2020) pagi hari di Kota Ende. 

Ketua Program Studi Keperawatan Ende Aris Wawomeo kepada wartawan  mengatakan bahwa dalam Gerakan Pembagian Satu Juta Masker tersebut pihaknya, mendapatkan bagian sebanyak seribu masker. Aris menyatakan bahwa untuk mendistribusikan seribu masker tersebut kepada masyarakat, Prodi Keperawatan Ende membentuk kelompok-kelompok agar dapat melakukan pembagian secara merata.

Prodi Keperawatan Ende
Pembagian masker oleh Prodi Keperawatan Ende

“Gerakan ini adalah gerakan nasional dan kami mendapatkan bagian sebanyak seribu buah masker. Kami membentuk tim untuk memudahkan kami membagikan masker tersebut kepada masyarakat di pangkalan ojek, jalan dan pasar,” katanya. 

Aris mengungkapkan bahwa selain membagikan masker, tim Prodi Keperawatan Ende juga memberikan sosialiasi terkait penerapan protokol kesehatan pada masa new normal. Menurut Aris,  meningkatnya kasus covid-19 secara nasional menuntut peran dari seluruh elemen masyarakat untuk melakukan pencegahan. 

“Sebagai salah satu institusi kesehatan, kami mengambil peran ini, mengingat kasus  covid -19 di Indonesia terus meningkat. Kami juga melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan melalui  poster, sebab untuk menghindari kerumunan, kami tidak boleh mengumpulkan banyak orang,” jelasnya. 

Ende
Prodi Keperawatan Ende berpose bersama sebelum melakukan pembagian masker

Aris mengatakan bahwa aksi serupa sebelumnya telah dilaksanakan pada Bulan Maret lalu oleh Prodi Keperawatan Ende. “Sebelumnya, dalam aksi yang sama, kami telah membagikan masker dan APD lainnya di wilayah perbatasan Kabupaten Ende yaitu di Kecamatan Maukaro, Nangapanda, Kota Baru dan kecamatan Lio Timur,” paparnya.

Sementara itu, Dosen Prodi Keperawatan Ende Maria S. Sekunda mengatakan bahwa  saat ini masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker, padahal pemerintah telah mengeluarkan imbauan  tentang menuruti protokol kesehatan pada era new normal.

“Aksi penegakan disiplin tentang penerapan protokol kesehatan dan aksi nyata pembagian masker seperti ini mesti lebih sering dilakukan. Tindakan atau aksi seperti ini akan mengingatkan dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan,” singkatnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed