by

Rumah Biara FMM Watuapi Terbakar, Seorang Biarawati Meninggal Dunia Terjebak Api

Rumah Biara Fransiskus Misionaris Maria (FMM) di Watuapi Desa Totomala, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo, Provinsi NTT, terbakar pada Kamis (4/3/2021) sekitar pukul 02.00 dini hari. Peristiwa kebakaran tersebut menewaskan seorang biarawati yang merupakan  Kepala biara tersebut, Suster Maria Zakaria Tukinen (53) asal Bayuwangi Jawa Timur.

Penghuni biara lainnya,Suster Hildegardis (28), menceritakan bahwa pada saat kejadian, dirinya sedang tidur di dapur yang berjarak sekitar 50 meter dari rumah biara. Sementara korban nersama Suster Maria Magdalena tidur di rumah biara.

Suster Hildegardis menyatakan bahwa tepat pada pukul 02.00 wita dini hari, dirinya mendengar suara Suster Magdalena berteriak minta tolong. Ia lalu bangun dan melihat api menjalar di atas seng tepat di kamarnya korban.

Suster Hildegardis bersama Suster Magdalena langsung berlari ke kamar korban, namun kamar korban dalam keadaan terkunci. “Kami berusaha membuka pintu kamar dengan segala cara tapi tidak bisa terbuka. Kami pasrah dengan keadaan itu, karena kami hanya bertiga saja. Mau minta tolong warga tapi jauh dari biara,” ungkapnya.

Baru pada pukul 02.30, lanjut Suster Hildegardis, warga sekitar berdatangan dan membantu memadamkan api. Api baru dapat dipadamkan pada sekitar pukul 03.00 wita.”
Sementara Damkar milik Pemda Nagekeo baru tiba di  sekitar pukul 05.00 pagi,” ujarnya.

Suster Hildegardis menyatakan bahwa saat api berhasil dipadamkan, korban tidak  tertolong karena sudah terbakar api dalam kamarnya.
“Saat ini, korban saat ini sudah dibawa ke Puskesmas Wolowae untuk diautopsi. Sementara untuk tempat penguburan masih menunggu informasi dari suster FMM dari Bajawa,” jelasnya.

Suster Suster Maria Zakaria Tukinen merupakan perintis Biara FMM Watuapi Desa Totomala, yang berdiri sejak tahun 2015.

Saat ini, di tempat kejadian tersebut telah hadir pihak Kepolisian Resort Nagekeo yangblangsung memasang garis batas polisi untuk keperluan penyelidikan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed