by

Serukan Perdamaian dan Toleransi, Grup Ampera Flores MAN Nagekeo Masuk 12 Besar Lomba SAN Metro TV

Penulis : ASR
Mbay, Aksara Nusa

Grup Ampera Flores dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Nagekeo, berhasil lolos ke babak 12 besar dalam Lomba Syiar Anak Negeri (SAN) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama RI, bekerja sama dengan Metro TV.

Keberhasilan tersebut diperoleh berkat video syiar Ampera Flores Nasyid MAN NAGEKEO yang bertemakan kedamaian dan toleransi di Indonesia. Dalam video tersebut, siswa-siswi MAN Nagekeo menampilkan tarian khas Nagekeo, Dero, yang melambangkan persaudaraan dan toleransi di Kabupaten Nagekeo. Siswa-siswi MAN Nagekeo yaitu Rabiah Al Adawiyah, Anggi Fitriani Akas, Asminanda Pasinringi, Frizi Ananda Saputra dan Muhammad Fajrin, dalam video tersebut, mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap hidup berdampingan secara damai, menjaga kerukunan dan toleransi, meskipun berbeda agama.

Hal tersebut disampaikan Kepala MAN Nagekeo Abdurahman Karengga, S.Pd, kepada Aksara Nusa, Selasa, 11 Agustus 2020.

Kepala MAN Nagekeo Abdurahman Karengga, S.Pd
Kepala MAN Nagekeo Abdurahman Karengga, S.Pd

“Peserta SAN adalah Madrasah Aliyah se-Indonesia. Untuk tahun 2020, ada 60 group yang berpartisipasi dalam lomba tersebut. Dan setelah audisi, terseleksi 30 besar, kemudian 12 besar. Alhamdulillah, MAN NAGEKEO lolos audisi 12 besar dan siap untuk mengikuti audisi menuju 3 besar di Metro TV,” katanya.

Abdurahman menjelaskan bahwa untuk tahun 2020, Lomba SAN berbeda dengan tahun sebelumnya. “Karena situasi pandemi, peserta berkompetisi secara virtual, yakni dengan membuat video sendiri dengan peralatan video audio di masing-masing madrasah,” jelasnya.

MAN Nagekeo
Grup Ampera Flores dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Nagekeo sedang berlatih

Setelah dipastikan masuk ke putaran 12 besar, Abdurahman menyatakan bahwa pihaknya melakukan sejumlah persiapan.” Para siswa saat ini sedang berlatih dan mempersiapkan diri dengan dampingan Coach Syahrir. Kemudian akan ada proses rekaman untuk audisi selanjutnya,” ungkapnya.

Abdurahman menyatakan bahwa untuk audisi menuju 3 besar, Tim Mentor yang terdiri dari unsur Metro TV, Asosiasi Nasyid Nasional (ANN) dan MUI pusat, akan melakukan audisi di masing masing madrasah dan ditampilkan live di Metro TV.

Mbay
Grup Ampera Flores dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Nagekeo saat melakukan rekaman

“Tim Mentor akan  tiba dalam waktu dekat ini, karena audisi akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus untuk kelompok A (terdiri dari 6 group) dan tanggal 18 untuk kelompok B (terdiri dari 6 group). Kami mohon doa dan dukungan dari seganap masyarakat Kabupaten Nagekeo, semoga Ampera Flores Nasyid MAN NAGEKEO dapat sukses sampai puncak,” harapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed